Jumat, 13 Agustus 2021

24 Kriteria Evaluasi Inklusi Jurnal ke database Web of Science

 Yth. Bapak dan Ibu Pengelola Jurnal.

Berikut ini adalah 24 Kriteria Evaluasi Inklusi Jurnal ke database Web of Science yang bisa dibaca versi aslinya di link ini dan berikut ini adalah terjemah dalam bahasa Indonesia dan sudah saya edit semaksimalnya untuk memudahkan pemahaman kita tentang standar inklusi jurnal agar terindeks di database Web of Science. Berikut ini 24 Kriteria Evaluasi Inklusi Jurnal ke database Web of Science:

Triase Awal
Tujuan utama langkah triase ini  untuk memastikan identifikasi yang jelas jurnal yang diajukan untuk evaluasi dan untuk mengetahui siapa yang harus di-kontak jika pihak Clarivate-WoS punya pertanyaan. Tidak ada masa embargo untuk pengajuan ulang jika jurnal tidak lolos triase awal.

1. ISSN
Jurnal harus memiliki ISSN terdaftar yang dapat diverifikasi pada basis data ISSN (https://portal.issn.org/) dan ditampilkan secara jelas dan konsisten di semua platform jurnal (elektronik dan/atau cetak). Jika ISSN cetak dan elektronik ada, keduanya harus ditampilkan di web jurnal.

2. Judul Jurnal
Jurnal harus memiliki judul berbeda yang selaras dengan ISSN terdaftar, focus dan scope jurnal, konten yang diterbitkan, dan demografi dan diversitas komunitas akademia (terutama dewan redaksi dan penulis). Judul harus ditampilkan secara konsisten pada tingkat artikel, terbitan dan situs web.

3. Penerbit Jurnal
Nama penerbit harus didefinisikan dengan jelas, dan alamat fisik yang dapat diverifikasi (bukan P.O. Box). Jika ada afiliasi atau kepemilikan masyarakat, ini harus dinyatakan, dan informasi kontak yang dapat diverifikasi harus disediakan.

4. URL Jurnal
Jika edisi online dan cetak tersedia, wajib untuk memberikan URL jurnal dan rincian akses teks lengkap dari konten yang disediakan.

5. Akses Konten
Tim editorial Web of Science harus punya akses penuh ke konten yang dipublikasikan dengan semua izin yang diperlukan untuk melihat konten tersebut. Untuk jurnal  closed access dimana pembaca harus berlangganan atau model hybrid, Web of Science akan meminta penerbit  memberikan username dan password.

6. Kebijakan Peer Review
Jurnal harus memberikan pernyataan yang mudah diakses dan jelas tentang komitmennya terhadap tinjauan sejawat (Peer Review) dan pengawasan ketat dewan editorial terhadap semua konten yang diterbitkan. Jenis ulasan yang khusus untuk komunitas ilmiah tertentu, tempat di mana mereka diterima secara luas (misalnya, jurnal seni atau hukum) akan dipertimbangkan.

7. Rincian Kontak
Rincian kontak untuk peran editorial dan produksi jurnal yang dikirimkan harus disediakan untuk memungkinkan komunikasi langsung antara Web of Science dan staf jurnal.
 
Attribution: Inseritore, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons
 
 

Triase Editorial

Pada langkah ini, Editor Web of Science meninjau jurnal untuk menentukan apakah evaluasi editorial penuh layak dilakukan. Tidak ada masa embargo untuk pengajuan ulang jika jurnal tidak lolos triase editorial.

8. Konten Ilmiah
Jurnal harus berisi konten yang bersifat ilmiah dan asli. Tingkat akademik penelitian yang dilaporkan harus sesuai untuk audiens penelitian, komunitas doktoral dan profesional.

9. Judul Artikel dan Abstrak Artikel dalam Bahasa Inggris
Terlepas dari bahasa dalam full text articles dalam konten yang diterbitkan, jurnal harus menyediakan terjemahan bahasa Inggris yang akurat dan dapat dipahami dari semua judul artikel. Artikel ilmiah harus memiliki abstrak, dan abstrak tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

10. Informasi Bibliografi dalam Roman Script
Referensi, nama, dan afiliasi yang dikutip harus diterbitkan dalam aksara Romawi untuk memungkinkan pengindeksan yang cepat, akurat, dan pemahaman yang mudah oleh pengguna global Web of Science.

11. Kejelasan Bahasa
Untuk judul, abstrak, dan semua teks publikasi lainnya yang disajikan dalam bahasa Inggris, bahasanya harus jelas dan dapat dipahami oleh khalayak global Web of Science.

12. Ketepatan Waktu dan/atau Volume Publikasi
Jurnal harus menyatakan apakah memiliki frekuensi publikasi yang ditentukan,  harus jelas kondisinya apakah jadwal publikasi jurnal bersifat tidak teratur atau berkelanjutan. Jurnal harus sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

13. Fungsionalitas Situs Web/Format Jurnal
Informasi situs web harus akurat, rancangan informasi dan sistem navigasi situs web harus memastikan akses mudah ke konten yang diterbitkan dan semua fitur lain yang menentukan jurnal (seperti Dewan Editorial, Author Gudelines, jenis peer review, model akses, dan sebagainya). Situs web jurnal harus tertaut dengan jelas ke situs web penerbit dan sebaliknya.

14. Kehadiran Pernyataan Etika
Jurnal harus transparan mengenai persyaratan etika untuk penulis dan karya yang diterbitkan. Jika jurnal mendukung dan menggunakan satu atau lebih prinsip-prinsip organisasi pihak ketiga (WAME, COPE, Deklarasi Helsinki, dll.), baik teks lengkap pedoman harus disajikan dan dikreditkan dengan tepat ke sumbernya, atau tautan yang berfungsi ke teks lengkap pedoman harus disediakan.

15. Detail Afiliasi Editorial
Anggota Dewan Editorial harus dapat diidentifikasi dan tersedia untuk dihubungi. Nama dan afiliasi institusional – termasuk negara/wilayah – dari semua anggota tim redaksi wajib diisi (seperti Pemimpin Redaksi, Anggota Dewan Redaksi, Editor Regional, dll.). Pengidentifikasi digital seperti ResearcherID atau ORCID atau tautan ke profil institusional dapat disebutkan untuk menentukan identitas dan afiliasi Anggota Dewan Editorial.

16. Detail Afiliasi Penulis
Penulis semua karya ilmiah harus diidentifikasi secara akurat. Nama dan afiliasi institusional – termasuk negara/wilayah – dari semua penulis yang berkontribusi diperlukan. Pengidentifikasi digital seperti ResearcherID atau ORCID  atau tautan ke profil institusional dapat diberikan untuk menentukan identitas dan afiliasi penulis.
 
Evaluasi Editorial (kualitas)

Pada langkah ini, Editor Web of Science memeriksa keselarasan antara judul jurnal, ruang lingkup yang dinyatakan, komposisi dewan editorial dan kepengarangannya, dan konten yang diterbitkan. Editor Web of Science juga mencari bukti ketelitian editorial dan kepatuhan terhadap standar komunitas. Jika jurnal tidak lolos dan lulus pada tahapan ini, jurnal yang didaftarkan akan dikenakan periode embargo setidaknya dua tahun.

17. Komposisi Dewan Redaksi
Afiliasi Editor dan Anggota Dewan Editorial, keragaman geografis, dan catatan publikasi harus konsisten dengan ruang lingkup yang dinyatakan dalam konten jurnal. Ukuran dan komposisi Dewan Redaksi harus konsisten dengan volume dan luasnya keluaran publikasi.

18. Validitas Pernyataan
Konten yang dipublikasikan harus menunjukkan kepatuhan terhadap kebijakan yang dinyatakan oleh jurnal. Semua informasi yang ditampilkan di website jurnal harus akurat dan up to date., Pihak Web of Science akan melakukan penyelidikan atas konten yang meragukan atau klaim palsu.

19. Tinjauan Sejawat
Konten yang dipublikasikan harus mencerminkan tinjauan sejawat dan/atau pengawasan editorial yang memadai dan efektif.

20. Relevansi Konten
Konten yang diterbitkan harus konsisten dengan judul dan ruang lingkup jurnal yang dinyatakan.

21. Detail Dukungan Hibah
Di bidang subjek di mana dukungan hibah umum atau diperlukan, pengakuan yang tepat mengenai sumber pendanaan direkomendasikan.

22. Kepatuhan pada Standar Komunitas
Kebijakan editorial harus konsisten dengan praktik terbaik bonafid seperti standar COPE, dan organisasi nasional dan internasional serta masyarakat ilmiah yang memajukan prinsip-prinsip integritas penelitian dalam komunitas mereka. Artikel dalam jurnal konsisten dengan praktik terbaik yang diterima di bidang subjeknya.

23. Distribusi Penulis
Penulis harus memiliki afiliasi, keragaman geografis, dan catatan publikasi yang memvalidasi partisipasi mereka dalam komunitas ilmiah yang terkait dengan ruang lingkup jurnal yang disebutkan. Demografi penulis yang berkontribusi harus konsisten dengan karakteristik topikal dan geografis Dewan Editorial.

24. Kutipan yang Sesuai untuk Referensi
Diharapkan bahwa artikel tepat mengambil kutipa referensi yang menjadi cakupan untuk topik penulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar