Selasa, 17 Agustus 2021

Pengalaman Jurnal yang sudah terindeks di Microsoft Academic

Microsoft_Academic merupakan mesin pencari dan website yang khusus dirancang sebagai pusat data informasi kepustakaan, rujukan serta publikasi ilmiah yang mudah diakses khalayak secara free, dikembangkan oleh oleh Microsoft Research. Website daring ini diluncurkan pada tahun 2016, dengan fasilitas pencarian  yang menampilkan struktur informasi dan system mesin pencari yang menawan. Menurut informasi situs Wikipedia, Microsoft Academic menampung  260  juta publikasi dan mayoritas atas kebanyakan dari publikasinya (sejumlah 88  juta) merupakan artikel jurnal ilmiah.

 

Microsoft Academic ialah resources yang sangat tepat digunakan untuk mahasiswa yang sedang semangat-semangatnya dalam dalam pembuatan skripsi, thesis maupun disertasi. Microsoft Academic menggelar banyak rujukan riset dalam format publikasi ilmiah. Microsoft Academic juga mempunyai fasilitas atau tools filter dalam pencarian jurnal di web ini secara mudah dan khusus. Review terkini para pakar bibliometrics menyatakan bahwa Microsoft Academic  merupakan kompetitor atau rival yang kuat untuk Scopus, WoS dan Google Scholar Scopus dalam hal keperluan user untuk pencarian kilat informasi  kepustakaan, studi ilmiah berikut analisis sitasi artikelnya. Keistimewaan Microsoft Academic tidak  hanya ini saja  tetapi sebab Microsoft Academic  juga memberikan layanan ekstra untuk penggunanya lewat bermacam- macam data seperti call for paper dari beberapa konferensi ataupun seminar populer.

Contohnya hasil pencarian ini

 

 
Pengalaman saya pribadi dengan Microsoft Academic dengan jurnal saya REGISTER JOURNAL  dapat dengan mudah diketemukan jurnalnya dengan mengetikkan kata kunci REGISTER JOURNAL dengan hasil pencarian ini

 
 
Menurut yang saya alami tidak perlu mendaftarkan jurnal kita ke Microsoft Academic meskipun misalnya kita punya email microsoft outlook misalnya tetapi asalkan kita teratur terbit dan yang diterbitkan itu ada DOI insyaAllah lama-lama akan terindeks. Setidaknya artikel kita dapat kita telusuri dikotak pencarian misalnya  satu artikel di REGISTER JOURNAL berjudul "A Conversational Implicature Analysis In Oscar Wilde's Short Story "Happy Prince". Coba dimasukkan ke kotak pencarian Microsoft Academic dan klik ENTER. hasilnya seperti ini:
 

 

 
Dari gambar di atas bisa kita lihat hasil pencarian terdapat nama jurnal REGISTER JOURNAL dan link URL bisa diklik sehingga semua data artikel berikut data penulis dan institusinya akan muncul di Microsoft Academic. Lumayan menarik ya? Silakan mencoba Googling sendiri. Sekian, Terima kasih atas Perhatian Anda. 
 

 

 
 
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar