Kamis, 19 Agustus 2021

Pengalaman Menarik Sebuah Jurnal yang Terindeks di ASEAN Citation Index

Sejarah Perjalanan ASEAN Citation Index

ASEAN Citation Index (ACI) dalam sejarahnya  bermula  dengan di-release-nya  Thai-Journal Citation Index Centre, atau TCI. TCI pertama kali diperkenalkan kepada publik  di tahun 2001 melalui sebuah proyek penelitian yang didukung secara finansial oleh  Universitas Teknologi Thonburi King Mongkut (KMUTT).

Kemudian di bulan Juli 2004 terwujudlah Thai-Journal Citation Index (TCI) Center yang secara finansial didukung oleh Thailand Research Fund (TRF) dan Universitas Teknologi Thonburi (KMUTT) King Mongkut. Dalam sejarah perkembangannya mulai tahun 2008 sampai  sekarang  TCI terpelihara dengan baik dan mapan dan dalam kurun waktu tersebut TCI Thailand mencoba merangkul semua Negara di Asia Tenggara yang tergabung di 10 Negara ASEAN: Thailand, Brunei, Cambodia, Laos, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura dan Vietnam.

 

10 Standar inklusi jurnal ke ASEAN Citation Index (ACI)

Berikut ini adalah poin poin penting 10 Standar inklusi jurnal ke ASEAN Citation Index (ACI). list sepuluh standar ini bisa dilihat di form ini:


1. Level dan indikasi peer-review: Perlu penjelasan diantara opsi  ini  Double-blind  Peer Review, scorenya maksimal yaitu 2,Single-blind Peer revew, scorenya 1. Jika tidak ada Peer-review process, scorenya Nol.

2. Ketepatan Waktu Publikasi: Perlu penjelasan diantara opsi  ini. Bagaimana dengan ketepatan waktu publikasi di Jurnal Anda? Jika Tepat waktu, scorenya 2, jika satu edisi terlambat terbit, scorenya 1 dan jika lebih dari 1 edisi yang terlalmbat, scorenya Nol.

3. Memiliki minimal 3 tahun dalam publikasi atau telah menerbitkan 6 edisi secara terus menerus:  Jika jurnal anda terbit lebih dari 3 tahun score-nya 2, jika tepat 3 tahun terbit scorenya 1, jika terbit kurang dari 3 tahun scorenya  Nol.

4. Sitasi jurnal : Diisi dengan Jumlah Dokumen Sekunder di Scopus: Sitasi di database Scopus di atas ekspektasi, Scorenya dua, Scopus Citedness sesuai harapan scorenya satu dan Scopus citedness di bawah ekspektasi scorenya Nol.

5. Kesesuaian dengan tujuan dan ruang lingkup jurnal yang dinyatakan

   5.1) Tujuan dan ruang lingkup jurnal yang secara jelas menyatakan disiplin artikel. Jawablah Ya/Tidak.

   5.2) Daftar nama dewan redaksi dan afiliasinya. Jawablah Ya/Tidak.

    5.3) Frekuensi publikasi dengan bulan tertentu, contohnya: 2-volume setahun, Volume 1 terbitan Januari – Juni, Volume 2 terbitan Juli – Desember. Jawablah Ya/Tidak.

   5.4) Pernyataan yang mengindikasikan proses peer-review. Jawablah Ya/ Tidak.

   5.5) Informasi untuk penulis harus memiliki informasi yang lengkap dan relevan. Jawablah Ya/ Tidak.

6. Diversitas Editorial Board.  Ahli dari organisasi lain lembaga/kampus  50%, Scorenya 2, Pakar dari organisasi lain lembaga/kampus kurang dari  50% tetapi 25%, scorenya 1 sedangkan Pakar dari organisasi lain lembaga/kampus kurang  25% scorenya Nol.

7. Diversitas asal geografis pengarang:  Artikel Jurnal dari organisasi lain lembaga/kampus  50%, scorenya 2, Artikel Jurnal dari organisasi lain lembaga/kampus  jumlahnya kurang dari  50% tetapi 25%, scorenya 1 dan  Artikel  Jurnal dari organisasi lain jumlahnya kurang dari  25% scorenya Nol.

8. Kesesuaian Jurnal dengan format jurnal standar internasional.

 8.1) Nama dan afiliasi penulis. Jawablah Ya /Tidak.

  8.2) Abstrak dalam bahasa lokal dan bahasa Inggris Ya/Tidak.

  8.3) Referensi dengan format yang konsisten Ya/Tidak

9. Situs web jurnal yang berisi semua informasi yang diperlukan dan terpelihara dengan baik serta selalu update.

   9.1) Daftar artikel di setiap edisi. Jawablah Ya/ Tidak.

   9.2) Tujuan & ruang lingkup jurnal. Jawablah Ya/Tidak.

   9.3) Daftar nama dewan redaksi dan afiliasinya. Jawablah  Ya /Tidak.

   9.4) Informasi untuk Penulis. Jawablah Ya /Tidak.

   9.5) Informasi di situs web dan pada versi cetaknya sama. Jawablah Ya /Tidak.

10. Memiliki sistem pengajuan online atau menggunakan Sistem Jurnal Online (OJS):

Tersedia online submission secara online jurnalnya  aktif, scorenya 2. Memiliki sistem pengajuan online, tetapi tidak aktif lebih banyak komunikasi via E-mail, scorenya satu. Tidak ada sistem pengiriman online, Scorenya Nol.


Pengumuman Penting dari team ACI Submission.

Mohon diketahui bahwa sistem pengajuan ACI untuk putaran 2021 akan ditutup mulai  tanggal 6 Agustus 2021. Sistem pengajuan ACI untuk putaran 2022 akan dibuka kembali untuk pengiriman pada tanggal 1 Januari 2022 hingga 30 Juni 2022.

 


2 cara submit jurnal kita ke ASEAN Citation Index

Pertama,  mengisi form ini , unduh, isi form dan kemudian dan mengirim form isian ini ke email: aci.cites@gmail.com atau cara yang lebih praktis yaitu cara kedua : mengisi form ini  https://www.kmutt.ac.th/jif/ACI/suggest.php

 jika sudah terindeks seperti jurnal yang saya kelola REGISTER JOURNAL  bisa dicek di Web ACI di link yang ini


Demikian saja uraian saya. Semoga Bermanfaat.


 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar