Kamis, 09 September 2021

Cara Internasionalisasi Jurnal dengan ESCI Web of Science

 Yth.Bapak dan ibu Pengelola jurnal 

Berikut ini adalah webinar bertema "ESCI Web of Science: Workshop of Internationalizing Journal". Diadakan oleh Jurnal Indomath dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta: https://youtu.be/y0et96qvpd0

Tata Kelola jurnal Menuju indeksasi ESCI Web of Science by Faizal Risdianto

Pengalaman mengelola jurnal (sekaligus menjadi jihadis jurnal) yang terindeks di ESCI Web of Science cukup menarik bagi saya.


Di satu sisi, ada orang yang berpendapat ESCI WoS itu adalah sekadar indexing kelas menengah sejenis DOAJ, EBSCO, ACI  bahkan ada yang bilang ESCI WoS itu indexing setengah hati yang belum masuk core collections Web of Science. Core collection dalam konteks ini adalah produk web of Science yang masuk indexing kelas tinggi yaitu SSCI, SCIE dan AHCI.

Di sisi yang lain sejatinya ESCI sudah masuk core collection tapi belum punya Impact Factor dan setidaknya ada Point positif jika sebuah jurnal terindeks di ESCI Web of Science:

ESCI Web of Science adalah jalan lain untuk internasionalisasi jurnal. Bagi pengelola jurnal yang  masih belum berani mendaftarkan jurnal ke Scopus/mungkin sudah mendaftar tapi kena embargo. Internasionalisasi jurnal maksudnya akan banyak peminat dari Foreign authors seperti: Turki, Rusia, Pakistan, Iran, Thailand, Malaysia yang tertarik dan menganggap tinggi  produk apapun dari WoS meskipun sekadar ESCI WoS

Dr. Mila Cahue, Head of Editorial Outreach WoS mengatakan bahwa jika sebuah jurnal ada di ESCI ini adalah tahapan awal sebuah jurnal  terindeks di  Web of Science, the world’s most trusted global citation database and the most powerful research engine, delivering your library with best-in-class publication and citation data.

Fakta yang unik ialah  pada acara  Web of Science Selection Criteria &  Evaluation Process Workshop  di Surabaya, Agustus 2019 diungkapkan oleh Prof Komang G. Wiryawan dari Tropical Animal Science Journal, IPB, Bogor bahwa dalam kurun waktu 3 tahun ada 80-an jurnal Indonesia yang telah ada di ESCI WOS tapi belum ada yang naik level ke SSCI, SCIE dan AHCI padahal banyaknya diantaranya yang sudah di Scopus. Jawaban Dr. Mila Cahue sebagai representative WOS. It is like New York Marathon. Thousand of people joining the marathon but only few people win the game. 

Intinya WOS sangat menekankan kualitas jurnal dan artikelnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar