Minggu, 03 Oktober 2021

Memahami Kriteria Web of Science Core Collection

Bagi banyak penerbit jurnal ilmiah, mengindex-kan jurnal mereka ke Web of Science Core Collection adalah salah satu tujuan pengindeksan teratas mereka. Web of Science (WoS) adalah salah satu database kutipan global terbesar dan paling terkemuka. Koleksi Inti-nya WoS mencakup enam indeks kutipan dalam sains, ilmu sosial, seni dan humaniora, dan secara kolektif berisi lebih dari satu miliar kutipan yang dapat dicari yang mencakup lebih dari 250 disiplin ilmu. WoS unik karena mengindeks semua metadata dalam setiap hasil penelitian yang dimilikinya, termasuk setiap referensi yang dikutip, menciptakan hubungan antara penelitian yang diindeks dan literatur ilmiah yang lebih luas. Pengindeksan WoS dapat meningkatkan kemampuan menemukan jurnal dan juga merupakan proses awal untuk mendapatkan Faktor Dampak Jurnal (Journal Impact Factor).

 Jika Anda belum pernah mengajukan permohonan untuk menambahkan jurnal ke WoS Core Collection sebelumnya, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan — Apa persyaratan penyertaan WoS Core Collection? Bagaimana cara kerja proses aplikasi WoS Core Collection? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengevaluasi jurnal? 

Memahami bagaimana WoS mengumpulkan konten

Sebelum menggali secara spesifik penerapan WoS Core Collection, mari kita lihat bagaimana WoS diatur. Pada tingkat tertinggi, WoS adalah platform yang mengumpulkan penelitian dari beberapa database kutipan.

Tim dukungan WoS menjelaskan, “WoS berisi kedua konten yang dipilih, dalam Koleksi Inti Web of Science (Indeks Kutipan Sains Diperluas, Indeks Kutipan Ilmu Sosial, Indeks Kutipan Seni & Humaniora, Indeks Kutipan Sumber Berkembang, Indeks Kutipan Buku, dan Indeks Kutipan Prosiding Konferensi ), database khusus juga diproduksi oleh Clarivate (Biosis Citation Index dan Biosis Previews, Derwent Innovations Index, Data Citation Index, Index Chemicus, Zoological Record), database khusus yang diproduksi oleh organisasi lain dan dihosting di platform Web of Science (MEDLINE, FSTA, CABI, Inspec), dan database nasional atau regional multidisiplin yang juga dihosting dan terintegrasi dengan Koleksi Inti kami (Database Kutipan Sains China, SciELO, Indeks Kutipan Rusia, Database Jurnal Korea, dan lainnya dalam pengembangan).

Dengan beberapa basis data yang bersarang di dalam platform WoS, ada berbagai cara agar artikel jurnal diindeks oleh WoS. Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah jurnal Anda sudah diindeks di WoS melalui Master Journal List. 

 Persyaratan pengindeksan untuk masuk maqom WoS Core Collection

Sebelum mengajukan permohonan agar jurnal ditambahkan ke WoS Core Collection, penting untuk memastikan bahwa jurnal tersebut memenuhi semua kriteria seleksi. Pemilihan Awal WoS CoreCollections didasarkan pada 24 "kriteria kualitas" yang dirancang untuk menilai proses dan konten penerbitan jurnal. 

Semua jurnal, terlepas dari disiplin ilmunya, dievaluasi berdasarkan 24 kriteria kualitas yang sama, yang meliputi:

Informasi publikasi dasar (misalnya, judul jurnal, penerbit jurnal, ISSN, detail kontak)

Judul artikel dan abstrak artikel dalam bahasa Inggris (catatan: WoS memerlukan informasi bibliografi bahasa Inggris untuk pengindeksan)

Adanya kebijakan peer review

Ketepatan waktu dan/atau volume publikasi

Kualitas dan relevansi konten ilmiah

Fungsionalitas situs web/format jurnal

Informasi dewan editorial, termasuk komposisi dan detail afiliasi

Informasi penulis, termasuk distribusi penulis dan detail afiliasi

Jurnal yang lulus semua 24 kriteria kualitas termasuk dalam Emerging Sources Citation Index (ESCI). Contoh nyata Jurnal yang sudah terindeks di ESCI WoS ialah REGISTER JOURNAL  yang bisa ditelusur terindeks di ESCI WoS dengan klik link ini: 

https://mjl.clarivate.com/cgi-bin/jrnlst/jlresults.cgi?PC=MASTER&ISSN=1979-8903 

Semua jurnal juga dievaluasi berdasarkan empat kriteria dampak — jadi WoS CoreCollection memiliki total 28 kriteria evaluasi.

Tim dukungan WoS menjelaskan, “empat kriteria dampak dirancang untuk memilih jurnal yang paling berdampak dalam bidang penelitian tertentu, menggunakan aktivitas kutipan sebagai indikator utama. 

Analisis kutipan dilakukan di tingkat jurnal, tingkat penulis, dan tingkat dewan redaksi. Pada tahap ini, analisis kutipan komparatif per kategori dilakukan. Jurnal yang memenuhi semua 28 kriteria pemilihan WoS Core Collection ditambahkan ke indeks unggulan WoS Core Collection berdasarkan area subjek yang dicakup — Science Citation Index Expanded, Social Sciences Citation Index, dan/atau Arts & Humanities Citation Index.

Anda dapat menemukan daftar lengkap kriteria pemilihan di halaman Proses Pemilihan Editorial Koleksi Inti  WoS.

Sementara WoS Core Collection menggunakan kriteria pengindeksan yang sama untuk semua jurnal, WoS memiliki editor ahli subjek dan meninjau setiap aplikasi dalam konteks disiplin jurnal. Tim dukungan WoS mengatakan, “editor kami memiliki pengetahuan tentang cara publikasi dan perilaku kutipan bervariasi dalam praktik di bidang subjek yang berbeda. Perbedaan-perbedaan itu dipertimbangkan.”

Setelah ditambahkan ke WoS, evaluasi jurnal untuk WoS Core Collection sedang berlangsung. Jadi jurnal yang tidak ditambahkan ke salah satu basis data unggulan WoS Core Collection selama peninjauan aplikasi awal akan dinilai ulang secara berkala untuk dimasukkan dan ditambahkan ke koleksi unggulan yang sesuai jika/ketika memenuhi empat kriteria dampak. Jika, pada titik mana pun, jurnal tidak lagi memenuhi kriteria inklusi untuk database WoS Core Collection mana pun yang telah ditambahkan, jurnal tersebut akan dihapus.

Pengindeksan WoS untuk jurnal akses terbuka

Jika Anda menerbitkan satu atau lebih jurnal akses terbuka dan Anda bertanya-tanya apakah dan bagaimana pengindeksan WoS Core Collection dapat bervariasi untuk judul-judul tersebut, Anda harus tahu bahwa tidak ada perbedaan dalam kriteria pengindeksan atau peluang untuk jurnal OA. Tim dukungan WoS menjelaskan, “hanya kualitas dan dampak konten itu sendiri yang dipertimbangkan, bukan model bisnis.”

Perlu dicatat bahwa WoS adalah indeks akses berlangganan, jadi untuk memperluas jangkauan dan dampak penelitian seluas mungkin, jurnal OA kemungkinan ingin mengajukan permohonan untuk dimasukkan dalam basis data dan indeks ilmiah lain yang tersedia secara bebas juga. Misalnya, semua jurnal OA dapat mengajukan permohonan untuk dimasukkan dalam Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan ada banyak indeks khusus disiplin ilmu yang tersedia secara bebas, seperti PubMed Central untuk jurnal dalam ilmu biomedis.

Proses untuk mengirimkan aplikasi WoS dan apa yang diharapkan selama proses evaluasi

Setelah Anda mengetahui bahwa jurnal Anda memenuhi kriteria inklusi untuk WoS Core Collection, Anda dapat memulai proses aplikasi. 

Penerbit harus meninjau persyaratan Pengajuan Jurnal Elektronik pada halaman itu untuk memastikan mereka tidak melewatkan salah satu kriteria aplikasi yang lebih spesifik yang tercantum (misalnya "informasi bibliografi dalam Aksara Romawi") dan kemudian pilih "Oke" untuk mengonfirmasi kepatuhan dan melanjutkan ke formulir aplikasi.

Setelah formulir aplikasi jurnal Anda dikirimkan, WoS akan memulai proses evaluasi tiga bagiannya, yang terdiri dari:

Triase awal: untuk meninjau bahwa jurnal mematuhi praktik terbaik publikasi dasar (misalnya memiliki ISSN, ditinjau oleh rekan sejawat)

Triase editorial: untuk memeriksa kualitas publikasi dan kepatuhan terhadap persyaratan bibliografi

Evaluasi editorial: untuk meninjau standar editorial — tahap ini juga mencakup penilaian untuk empat kriteria dampak

Tim dukungan WoS mengatakan bahwa mereka berkomunikasi dengan penerbit sesuai kebutuhan selama proses evaluasi untuk memastikan mereka memiliki semua informasi yang diperlukan untuk melakukan penilaian jurnal secara menyeluruh. “Tim redaksi kami akan berinteraksi langsung dengan penerbit dan, jika diperlukan, editor dan anggota dewan redaksi saat kami melakukan dan menyelesaikan evaluasi. Keputusan editorial adalah penerbit independen, dan evaluasi dilakukan pada tingkat publikasi sumber yang disebutkan - yaitu jurnal, seri buku, volume prosiding konferensi, atau buku volume tunggal.

Tim dukungan WoS mengatakan bahwa proses evaluasi aplikasi awal dapat berlangsung dari tiga hingga enam bulan. Dari sana, jika diterima, jurnal akan dievaluasi ulang secara berkala untuk menentukan apakah masih memenuhi semua kriteria kualitas dan apakah memenuhi keempat kriteria dampak. Dukungan WoS menjelaskan, “evaluasi ulang jurnal untuk mengubah cakupan adalah berbasis kinerja, bukan berbasis waktu; oleh karena itu, hanya ketika data mengingatkan tim editorial WoS bahwa jurnal telah berevolusi secara signifikan terkait kualitas dan/atau dampaknya, jurnal tersebut akan dievaluasi ulang dan ditempatkan dalam koleksi di tempatnya.”

WoS Core Collection sangat selektif dengan tingkat penerimaan 10-12% untuk tiga koleksi unggulan. Tim dukungan WoS mengatakan bahwa tingkat penerimaan untuk Indeks Kutipan Sumber Berkembang umumnya lebih tinggi.

Jika jurnal Anda tidak diterima di WoS Core Collection dari aplikasi awal Anda, Anda dapat mengirimkan ulang aplikasi Anda setelah Anda membuat pembaruan publikasi yang diperlukan. Jika jurnal gagal memenuhi salah satu persyaratan selama tahap "triase awal" atau "triase editorial", mereka dapat mengirimkan kembali aplikasi mereka segera setelah mereka mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi kriteria yang mereka lewatkan. Jika jurnal gagal memenuhi salah satu persyaratan pada tahap “evaluasi kualitas editorial”, mereka akan diminta menunggu dua tahun untuk mengajukan kembali aplikasi mereka.

Wah, itu banyak sekali informasinya! Tetapi sekarang Anda siap untuk memulai proses aplikasi WoS. Untuk informasi lebih rinci tentang pengindeksan WoS Core Collection, pastikan untuk mengunjungi situs web Proses Seleksi Editorial dan lihat panduan PDF “Ikhtisar proses evaluasi jurnal dan kriteria seleksi”. Setelah diterima di WoS CoreCollection, banyak manfaat untuk jurnal, termasuk peningkatan reputasi jurnal dan kemampuan untuk ditemukan.

Source: 

https://blog.scholasticahq.com/post/how-to-get-journal-indexed-web-of-science-core-collection/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar