Selasa, 19 Oktober 2021

[New Update Aplikasi ARJUNA 2021) Penekanan pada Internasionalisasi Jurnal

 Yth. Bapak dan Ibu Pengelola Jurnal.

Alhamdulillah setelah beberapa waktu web ARJUNA http://arjuna.ristekbrin.go.id/ belum bisa diakses, sekarang ini sudah bisa diakses dan jika kita sudah mendaftarkan jurnal kita ke web ARJUNA, kita bisa masuk ke bagian Instrumen Evaluasi Diri yang tertuliskan pada bagian ini “Keputusan Dirjen DIKTI Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 106/E/KPT/2021 tentang Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah. Jika kita bandingkan dengan model penilaian akreditasi sebelumnya kita bisa melihat naiknya penilaian pada bagian-bagian tertentu terutama untuk tujuan internasionalisasi Jurnal. Setidaknya ada 4 bukti:

  1. Mengenai Keterlibatan Aktif Reviewer/Mitra Bebestari. Idealnya sebuah jurnal  melibatkan mitra bebestari berkualifikasi internasional >50% dari berbagai institusi. Kemarin Skornya top –markotop 5.0 sekarang menjadi  score 6.0 dengan kalimat “Melibatkan mitra bestari berkualifikasi internasional >50% (dari total mitra bestari) dan berasal dari 4 negara atau lebih. Kemudian dari score 3.0 diberikan kepada jurnal yang melibatkan mitra bebestari berkualifikasi nasional >50% dari berbagai institusi naik score dari 3.0 jadi 4.o dengan kalimat “Melibatkan mitra bestari berkualifikasi nasional >50% (dari total mitra bestari) dan berasal dari 2 hingga 3 negara”. 
  2. Kualifikasi Dewan Editor Jurnal Ilmiah. Idealnya lebih dari 50% penyunting di sebuah jurnal sudah pernah menulis artikel di jurnal ilmiah internasional (Skor 3.0) naik menjadi score 5.0 dengan kalimat “Lebih dari 50% (dari total Dewan Penyunting) penyunting berkualifikasi internasional dan berasal dari 4 negara atau lebih (Skor 5.0)”
  3. Aspirasi Wawasan jurnal Ilmiah . diberikan kepada jurnal yang aspirasi wawasannya  Internasional. Skor 6.0 naik menjadi 8.0 dengan kalimat “Distribusi asal penulis lebih dari 5 negara (rerata per tahun) (Skor 8.0)
  4. Kemudian, Pencantuman Jurnal Ilmiah di Pengindeks Internasional Bereputasi. Pencantuman di Pengindeks Internasional Bereputasi Tercantum di lembaga pengindeks internasional bereputasi tinggi seperti Scopus dan SCIE/SSCI/AHCI Web of Science skornya  5.0 dan meroket menjadi skor 8.0. Tercantum dalam lembaga pengindeks internasional bereputasi sedang seperti DOAJ (Jika bapak dan ibu ingin jurnalnya terindeks di DOAJ silakan mempelajari 16 PrinsipBest Practice yang dikehendaki DOAJ pada Jurnal Ilmiah), ESCI Web of Science, Dimension skornya bisa 3.0 dan sekarang naik menjadi 6.0 dan sedangkan  jika hanya di Google Scholar skornya kemarin cuma 1.0 sekarang naik jadi 4.0 atau bahkan 6 jika dianggap indeks internasional.

Sumber lengkap: https://www.jihadisjurnal.com/2021/09/new-update-2021-8-kriteria-ideal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar