Rabu, 20 Oktober 2021

Pengalaman ARCHIVES OF PLASTIC SURGERY apply ke WoS SCIE

ARCHIVES OF PLASTIC SURGERY telah mengajukan dua kali untuk status SCIE, tetapi sejauh ini gagal. Pada bulan Maret 2012, dua alasan yang diberikan untuk tidak diterima adalah keragaman internasional yang tidak memadai di antara penulis dan terlalu sedikit kutipan dari jurnal SCIE.

Pada bulan Februari 2016, alasan yang sama diberikan lagi, bersama dengan kekhawatiran tentang kelebihan laporan kasus pencitraan yang tidak dapat dikutip juga.  

ARCHIVES OF PLASTIC SURGERY dijadwalkan akan dievaluasi kembali pada akhir 2019. Kriteria dan proses seleksi telah diumumkan di situs web Thomson Reuters, tersedia dari: http://wokinfo.com/essays/journal-selection-process.

Tabel 1 menyajikan daftar periksa faktor-faktor yang saya sarankan agar editor jurnal medis membahas untuk memaksimalkan kelayakan jurnal mereka untuk pengindeksan di SCIE.

Pencacahan pada Tabel 1 tidak definitif tetapi arbitrer karena Thomson Reuters belum memverifikasi nilai pasti atau absolut dari bibliometrik atau skor skala pengukuran yang diperlukan untuk penerimaan. Oleh karena itu, hanya menjadi acuan bagi editor untuk mempersiapkan jurnal mereka sebelum aplikasi untuk dievaluasi. Untuk dievaluasi untuk jurnal cetak, tiga masalah berurutan harus diserahkan ke Thomson Reuters untuk tiba pada tanggal 14 bulan berikutnya setelah publikasi ke alamat berikut:

Tabel 1

Daftar periksa untuk editor jurnal masyarakat lokal yang mengajukan agar jurnal mereka terdaftar di SCIE


SCIE, Indeks Kutipan Sains Diperluas; JCR, Laporan Kutipan Jurnal; DOI, pengenal objek digital.

 a) Item 14 dan 15 disertakan karena Web of Science menyediakan DOI setiap artikel dan akses terbuka sangat penting untuk pemeliharaan frekuensi kutipan jurnal masyarakat lokal, meskipun kedua item ini belum disebutkan oleh Thomson Reuters.

 Jika diajukan sebagai jurnal online, dimungkinkan untuk mendaftar dengan mengisi formulir pengiriman di situs web berikut:

http://ip-science.thomsonreuters.com/info/journalsubmission-front/?utm_source=false&utm_medium=false&utm_campaign=false.

 Apa tanggapan paling umum dari Thomson Reuters ketika sebuah jurnal belum diterima?  Dari pengamatan saya, ada beberapa tanggapan umum:

  1. tujuan dan ruang lingkup jurnal sudah tercakup dengan baik oleh jurnal SCIE saat ini;
  2. kebangsaan penulis dan editor tidak cukup beragam; dan
  3. frekuensi kutipan atau sitasi WoS-nya tidak cukup. Faktor-faktor ini sulit diatasi oleh jurnal lokal dalam waktu singkat. Untuk merekrut anggota dewan redaksi dan manuskrip dari berbagai negara, pimpinan redaksi jurnal harus membangun jaringan internasional editor dan cendekiawan terkemuka. Untuk mempercepat pembangunan jaringan ini, disarankan untuk menerbitkan bersama dengan perkumpulan ilmiah dari negara lain, yang membuatnya dapat mengatur dewan redaksi dan merekrut manuskrip dari penulis yang berafiliasi dengan institusi di lebih dari 10 negara. Selain itu, jurnal yang dijalankan oleh masyarakat akademis di Korea dapat menunjukkan kepemimpinan di antara beberapa masyarakat yang berpartisipasi. Banyak jurnal yang dijalankan oleh sivitas akademika dari Asia, Afrika, dan Amerika Selatan masih belum termasuk dalam PubMed Central. Oleh karena itu, jika masyarakat Korea mengusulkan publikasi resmi bersama, sebagian besar masyarakat di negara lain kemungkinan besar akan setuju untuk berpartisipasi. Kerjasama dengan masyarakat regional juga dianjurkan untuk alasan yang sama.
  4. Bagaimana kutipan jurnal dapat ditingkatkan? Pertama, pilihan artikel itu sendiri adalah faktor yang paling penting. Jika ada artikel yang berkualitas tinggi, kemungkinan besar akan dikutip karena artikel yang dipublikasikan diekspos melalui PubMed kepada para peneliti di seluruh dunia. Mengundang artikel ulasan berkualitas tinggi dari peneliti terkemuka adalah strategi lain. Sudah diketahui bahwa artikel ulasan lebih sering dikutip daripada artikel jenis lain. Untuk merekrut artikel ulasan berkualitas tinggi, jaringan editor internasional adalah penting. Kedua, penelitian multinasional, studi kontrol acak, studi kohort, dan studi epidemiologi diketahui sering dikutip. Oleh karena itu, artikel dengan desain penelitian tersebut harus direkomendasikan untuk diajukan. Jika masyarakat ilmiah dapat menyediakan dana penelitian, penelitian dengan dana pada topik tertentu dapat diminta dari anggota masyarakat.

 Manfaat menjadi jurnal SCIE di Negara Korea sangat luar biasa. Ini diakui sebagai pekerjaan berkualitas lebih tinggi oleh lembaga pendanaan pemerintah Korea serta universitas, rumah sakit, dan lembaga penelitian. Penghargaan yang lebih besar diberikan kepada penulis artikel jurnal SCIE untuk pendanaan, promosi, pekerjaan, dan pengangkatan pangkat kembali. Oleh karena itu, jumlah pengajuan ke jurnal biasanya meningkat drastis jika diindeks di SCIE.

SOURCE: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5122534/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar