Rabu, 03 November 2021

Apakah ESCI Web of Science?

 Apa yang dimaksud dengan  Emerging Sources Citation Index?

Emerging Sources Citation Index  (ESCI) diluncurkan pada akhir 2015 oleh Thomson Reuters sebagai database baru di Web of Science. Sekitar 3.000 jurnal dipilih untuk diliput saat peluncuran, mencakup berbagai bidang studi. Sejak 2017 indeks telah diproduksi oleh Clarivate Analytics.

The Emerging Sources Citation Index bertujuan untuk memperluas cakupan publikasi di Web of Science untuk memasukkan publikasi peer-review berkualitas tinggi. Ini memastikan penelitian penting terlihat di Web of Science Core Collection meskipun belum diakui secara internasional.

Apa persyaratan untuk pengindeks-an?

Proses seleksi adalah langkah pertama dalam menerapkan indeks Web of Science lainnya. Ini termasuk Science Citation Index (SCI), Social Science Citation Index (SSCI), dan Arts and Humanities Citation Index (AHCI).

Jurnal yang diterima untuk diliput harus memenuhi kriteria berikut:

1. Ditinjau sejawat.

2. Mengikuti praktik penerbitan yang etis.

3. Memenuhi persyaratan teknis.

4. Memiliki informasi bibliografi bahasa Inggris.

5. Direkomendasikan atau diminta oleh audiens ilmiah pengguna Web of Science.

Semua jurnal yang dikirimkan ke database inti Web of Science akan dievaluasi. Jika berhasil, mereka akan diindeks di ESCI sambil menjalani tinjauan editorial yang lebih mendalam.

Waktu evaluasi mengikuti prioritas Clarivate Analytics untuk memperluas cakupan basis data, bukan tanggal jurnal dikirimkan untuk evaluasi. Jika sebuah jurnal diterima dari ESCI ke database lain, jurnal tersebut tidak lagi tercakup dalam ESCI. Jurnal yang diindeks dapat memilih keluar dari pertimbangan untuk evaluasi lebih lanjut jika mereka perlu meningkatkan profil kutipan mereka.

Jurnal juga dapat berpindah dari indeks unggulan ke ESCI jika tidak lagi memenuhi kondisi indeks unggulan.

Web of Science

Jurnal yang terindeks di ESCI tidak akan menerima Faktor Dampak. Namun, kutipan dari ESCI akan dimasukkan dalam jumlah kutipan untuk Laporan Sitasi/Kutipan Jurnal atau Journal Citation Reports. . Dengan demikian, kutipan dari ESCI akan berkontribusi pada Faktor Dampak dari jurnal lain.

Jika jurnal Anda diindeks di ESCI, jurnal tersebut akan dapat ditemukan di Web of Science dengan jumlah kutipan lengkap, informasi penulis, dan pengayaan lainnya. lihat di http://mjl.clarivate.com/

Artikel dalam jurnal terindeks ESCI akan dimasukkan dalam perhitungan indeks-h penulis. Mereka juga akan di analisis yang dilakukan pada data Web of Science atau produk terkait, seperti InCites. Taylor & Francis juga dapat menggunakan data ini untuk memberi Anda pemahaman yang lebih rinci tentang kinerja kutipan jurnal Anda. Cari tahu lebih lanjut tentang kutipan dan metrik penelitian lainnya di Taylor & Francis, Memahami Metrik Penelitian 

Apa saja manfaatnya?

Pengindeksan akan meningkatkan visibilitas jurnal, memberikan tanda kualitas dan baik untuk penulis.

Kami telah melihat lembaga dan penyandang dana menyarankan publikasi dalam jurnal terindeks, mirip dengan apa yang sudah terjadi dengan database Web of Science lainnya. 

Source: 

https://editorresources.taylorandfrancis.com/understanding-research-metrics/esci/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar